Sabung ayam di dunia

NetOopsblog protected imageNetOopsblog protected imageNetOopsblog protected image

Sabung ayam di dunia

Sabung ayam adalah olahraga berdarah antara dua ayam jantan, diadakan disebuah cincin yang disebut kokpit. sabung ayam sekarang ilegal di seluruh negara bagian di Amerika Serikat, Brasil, Australia dan di sebagian besar Eropa . hal ini masih legal di beberapa wilayah AS.

Para petarung, disebut sebagai gamecocks, secara khusus dibesarkan atau dikondisikan untuk stamina dan kekuatan. Sisir dan pial dipotong dalam rangka memenuhi standar. Ayam jantan memiliki bawaan agresi terhadap semua ayam dari spesies yang sama. Ayam diberikan yang terbaik dari perawatan sampai dekat usia dua tahun. Mereka dikondisikan, seperti atlet profesional sebelum peristiwa atau acara sabung ayam.
Bertaruh sering diadakan pada hasil pertandingan. Meskipun tidak semua sabung ayam berujung pada kematian ayam, ayam bisa atau dapat bertahan, tapi trauma fisik dapat berpengaruh signifikan. Di daerah lain di seluruh dunia, adu ayam masih dipraktekkan sebagai peristiwa utama; dan di beberapa negara itu dikendalikan oleh pemerintah.
Adu ayam dianggap sebagai olahraga darah oleh kesejahteraan binatang dan hak-hak hewan aktivis dan lain-lain.

Proses :
Dua pemilik jagoan mereka berada di kokpit. Ayam-ayam jantan bertarung sampai akhirnya salah satu dari mereka meninggal atau terluka kritis di indonesia bisa dikatakan keok.
Secara historis ini berada dikokpit, sebuah istilah yang juga digunakan pada abad ke 16 berarti suatu tempat kegiatan hiburan atau hiruk pikuk.
William Shakespeare menggunakan istilah dalam Henry V untuk secara khusus berarti daerah sekitar teater. Pada zaman Tudor, Istana Westminster memiliki kokpit yang permanen, yang disebut Cockpit-dalam-Pengadilan.

Variasi beberapa daerah :
Dalam beberapa variasi regional, ayam jago yang dilengkapi dengan taji logam (disebut gaffs) atau pisau, diikat ke kaki di daerah di mana memacu alami ayam telah sebagian dihapus. Cockspur adalah gelang (seringkali dibuat dari kulit) dengan lonjakan, melengkung tajam yang melekat pada kaki ayam. Duri-duri panjang biasanya berkisar dari "taji singkat" hanya lebih dari satu inci untuk "taji panjang" hampir dua setengah inci panjang.
Pada tingkat tertinggi adu ayam abad ketujuh belas Inggris, taji ayam terbuat dari perak. Ironisnya, taji yang tajam telah dikenal untuk melukai atau bahkan membunuh lawan Dalam variasi tumit telanjang, taji alami ayam yang tersisa utuh dan dipertajam:.
Di banyak negara, tontonan adu ayam adalah populer seperti bisbol dan sepak bola Amerika di Amerika Serikat. Di antara pesaing yang mengangkat sabung ayam, ada kebanggaan besar dalam kecakapan ayam mereka dan dalam memenangkan kejuaraan.

AMERIKA LATIN :

Mexsico
Di Aguascalientes, sebuah ibukota negara, salah satu ruang utama kota konser arena sabung ayam Palenques sangat umum di seluruh negeri, dengan hampir setiap kota besar memiliki satu arena. terkenal di seluruh Meksiko.

Peru
Di Peru, adu ayam diperbolehkan dan itu terjadi dalam coliseums dengan bidang pasirbulat. Hanya seorang hakim dan dua manajer masing-masing membawa ayam yang diizinkan berada di lapangan. Hakim menggunakan tabel untuk memfasilitasi perwasitan perkelahian.
Kejuaraan adu ayam Peru ada dua macam, Paruh dan Spur. Rooster Peru Razor ('GalloNavajero Peruano') fitur dalam perkelahian Spur. Dalam perkelahian Spur berat dan ukuran ayam jantan bervariasi. Ada kejuaraan berat bebas juga.
Kejuaraan adu ayam yang paling penting berlangsung di Lima Daerah di Sandia Coliseums, Rosedal, Abraham Wong, Lingkaran sabung ayam Peru yang Coliseum dan The Valentino, dari Ayam Breeders Asosiasi Peru.
Brazil
Sabung ayam, yang dikenal di Brasil sebagai rinha deGalos ("umpan ayam"), dilarang bersama dengan adu banteng pada tahun 1934 oleh Presiden GetulioVargas. Namun demikian, sabung ayam disana masih sangat populer, terutama di kalangan kelas bawah.

ASIA :

Asia Tenggara
Dianggap surga sejati Slasher adu ayam. Dua kalisetahun Olimpiade sabungan diselenggarakan pada Coleseum Araneta bergengsi. Acara pertama adalah diselenggarakan pada Januari dan acara kedua diadakan pada Juni. Entri internasional bersaing dan Jutaan peso dipertaruhkan untuk hadiah mencapai 15 Juta peso.
Sabung ayam adalah umum di seluruh Asia Tenggara, di mana ia terlibat dalam penyebaran flu burung.
Beberapa istilah lokal untuk sabung ayam.:
-Indonesia dan Malaysia, Sabung Ayam
-Filipina,   Sabong.
-Thailand, Thailand: ตีไก่ Ti kai;
-Vietnam,  Đà ga.

Di Bali, sabung ayam, yang dikenal sebagai Tajen, telah dilarang sejak 1981 karena pemerintah Indonesia mengatakan hal itu merupakan perjudian, meskipun terus dipraktekkan dalam ritual kuno untuk mengusir roh-roh jahat disebut tabuh rah ("darah mengalir"). Tujuan dari sabung ayam yang menumpahkan darah. Darah tumpah dari sang lawan ditawarkan kepada roh-roh jahat. Perempuan tidak diperbolehkan berpartisipasi atau bahkan menonton itu. Sampai 1980, bebebotoh (Tajen penjudi) biasanya dikorbankan sifat mereka dan keluarga untuk melanjutkan praktek-praktek mereka. Dalam Tajen, ayam-ayam jantan melawan mengunakan senjata pisau tajam yang disebut Taji.

Di India Selatan
Sabung ayam (Vetrukkaal seval porr di Tamil yang berarti " tumit ayam telanjang " (Kodi Pandem dalam bahasa Telugu) (Kori Katta dalam Tulu) adalah olahraga favorit orang yang tinggal di wilayah pesisir bagian Andhra Pradesh,
Dakshina Kannada dan kabupaten Udupi dari Tulu Nadu wilayah Karnataka, dan negara bagian Tamil Nadu India. Tiga atau empat inci pisau (Bal dalam Tulu) yang melekat pada kaki ayam '. KO perkelahian sampai mati secara luas dipraktekkan di Andhra Pradesh.
Di Tamil Nadu, pemenang diputuskan setelah tiga atau empat putaran. Orang menonton dengan bunga intens sekitar ayam. Olahraga secara bertahap menjadi olahraga perjudian.
Di Tamil Nadu, Chennai, Tanjore, Tiruchirapalli dan Kabupaten Salem, hanya sabung dengan tumit telanjang dilakukan. Dalam Erode, Thiruppur, Karur dan kabupaten Coimbatore hanya perkelahian ayam dengan pisau berdarah dilakukan.
Selama musim festival, ini adalah permainan utama untuk pria. Perempuan biasanya tidak berpartisipasi. Ada keturunan langka diawetkan oleh pejuang ayam.

Pakistan
Sabung ayam yang populer di Pakistan disebut Betting adalah ilegal, tapi polisi sering menutup mata ke arah itu.

Piliphina
Sabung ayam di Filipina disebut Sabong. Ada sabung ayam ilegal dan hukum. Sabung ayam Hukum diadakan pada cockpits setiap minggu. Sabung ayam ilegal, disebut tupada atau tigbakay, diadakan di cockpits terpencil di mana pemerintah tidak akan mampu beroperasi penggerebekan. Dalam kedua jenis sabung ayam, pisau atau gaffs digunakan. Ada dua jenis pisau yang digunakan dalam adu ayam Filipina. Satu ujung pisau (gunakan dalam derby) dan pisau bermata dua, panjang pisau juga bervariasi. Semua pisau yang melekat di kaki kiri dari ayam. Tapi tergantung pada perjanjian antara pemilik, pisau dapat menempel pada kaki kanan, atau bahkan dikedua kaki. Sabong dan tupada ilegal, yang dinilai oleh seorang wasit yang disebut sentensyador atau koyme, yang putusan adalah final dan tidak tunduk pada banding.
Filipina telah menyelenggarakan Piala Dunia derbies Slasherbeberapa, diadakan dua kali setahun dan Araneta Coliseumdipentaskan di. Peternak unggas game terkemuka dunia berkumpul dua kali setahun selama acara ini.

Kepulauan Pasifik
Di Guam olahraga adu ayam telah diterima sebagai tradisi budaya datang kembali ke kekuasaan Spanyol. Sabung ayam menjadi lebih populer dengan masuknya imigran Filipina ke pulau sebelum dan setelah Perang Dunia II. Peristiwa sabung ayam yang diselenggarakan sepanjang minggu di sebuah lubang pemerintah berlisensi di desa Dededo dan di desa-desa lain selama pesta-pestadi mana santo pelindung desa yang dirayakan. Ayam jantan dan ayam impor dari Amerika Daratan mengambil harga yang berat yang bisa mencapai sebanyak seribu dolar masing-masing. Di pulau Saipan, di utara Guam, adu ayam juga diterima sebagai tradisi budaya. Hukum sabung ayam berlangsung beberapa kali seminggu dalam arena yang disebut Dome, di desa Gualo Rai.

EROPA :

Spanyol
Sabung ayam dilarang di Spanyol, kecuali di Kepulauan Canary.Organisasi sebagai WWF / Adena dan beberapa partai politikberusaha untuk melarang sana juga.
Undang-undang mengizinkan, tapi mencoba untuk membuatnya menghilang "alami"dengan menghalangi ekspansi Kontras dengan sisanya. negara,adu banteng adalah bukan dilarang di Kepulauan Canary, karenatidak dianggap tradisional, seperti adu ayam.
Adu ayam juga hukum di Andalusia di kota-kota dan desa-desa di mana ia dianggap tradisional.

Britania Raya
Sabung ayam dilarang langsung di Inggris dan Wales dan di WilayahLuar Negeri Inggris dengan Kekejaman terhadap Hewan Undang-Undang 1835. Enam puluh tahun kemudian, pada tahun 1895, adu ayam juga dilarang di Skotlandia, di mana itu telah relatif umum pada abad kedelapan belas. Museum Hidup Welsh berisi kokpit direkonstruksi dan referensi ada di 1774 ke kokpit di Stanecastledi Skotlandia.
Menurut RSPCA, sabung ayam di Inggris dan Wales masih terjadi, namun telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Prancis
Memegang sabung ayam adalah kejahatan di Perancis, tetapi ada pengecualian sesuai ayat 3 pasal 521-1 dari kode pidana Perancis untuk sabung ayam dan adu banteng di locales di mana ada sebuah tradisi yang tidak terputus bagi mereka. Jadi, adu ayam diperbolehkan di wilayah Nord-Pas de Calais, di Perancis Metropolitan, di mana itu terjadi di sejumlah kota kecil termasuk Raim beaucourt, La Bistade dan desa-desa lain di sekitar Lille Pada Réunion Island., Ada lima gallodromes resmi yang berwenang (yaitu arena adu ayam). Nord-Pas-de-Calais memiliki gallodromes lusin.
Saat ini ada aliran penggemar Inggris untuk sabung ayam yang datang dari Januari sampai Juni untuk Nord-Pas-de-Calais untuk berpartisipasi dalam sabung ayam. Beberapa dari mereka telah ditangkap di perbatasan Inggris untuk mengangkut cockerels atau bahan untuk sabung ayam,

In popular culture
Sabung ayam telah mengilhami seniman di beberapa bidang untuk menciptakan karya yang menggambarkan aktivitas. Beberapa organisasi, termasuk University of South Carolina, Jacksonville State University di Jacksonville, Alabama, dan London tim sepak bola Tottenham Hotspur FC memiliki jago sebagai maskot mereka.
1939 Novel Natanael Barat Hari Locust termasuk adegan adu ayam rinci dan grafis,
seperti halnya Alex Haley Akar Novel: Saga dari Keluarga Amerika dan miniseri berdasarkan itu.
Film yang mencakup adegan dari olahraga ini termasuk film yang 1964 Meksiko El Gallo De Oro, film 1965 The Kid Cincinnati, dan 1974 film yang Cockfighter, disutradarai oleh Monte Hellman (berdasarkan novel dengan nama yang sama oleh Charles Willeford).
Dalam literatur, penjelasan dari pesta sabung ayam Bordertown dapat ditemukan dalam On Perbatasan: Potret Frontier Barat Daya Amerika.Adu ayam juga telah disebutkan dalam lagu-lagu seperti Kings of Leon Empat Kicks dan lagu Bob Dylan "Cry Sementara" dari album Cinta dan Pencurian. Lagu Kisah El Gallo del Cielo oleh Tom Russell adalah sepenuhnya tentang adu ayam, dan lirik memanfaatkan lubang gambaran rinci tentang pertempuran, gamecocks, dan perjudian pada hasil perkelahian.

0 komentar:

Posting Komentar

  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Yahoo! Buzz
  • Technorati
  • Facebook
  • TwitThis
  • MySpace
  • LinkedIn
  • Google
  • Reddit
  • Netvibes
Design by eckoCS1Copyright © 2010 Online Baturaja | Powered by Blogger